Strategi pembelajaran

(1). Strategi pembelajaran adalah garis-garis besar haluan untuk bertindak dalam usaha mencapai sasaran kompetensi dasar. Strategi dapat dipandang sebagai pola-pola umum kegiatan guru-siswa dalam mewujudkan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai kompetensi dasar tertentu seperti yang dijelaskan Jamarah & Zain (2002) dalam Langkah-langkah strategi;

Menetapkan spesifikasi/mengidentifikasi kualifikasi perubahan tingkah laku siswa sesuai dengan yang diharapkan

Memilih pendekatan belajar mengajar

Menetapkan prosedur, metode, teknik yang dianggap paling efektif/tepat sesuai dengan karakteristik siswa

Menetapkan norma dan batas minimal keberhasilan/kriteria standar kompetensi, sehingga dapat dijadikan pedoman evaluasi hasil KBM. Dengan begitu umpan balik penyempurnaan instruksional dapat dilakukan.

Jadi, strategi belajar mengajar adalah memanfaatkan segala daya dan sumber yang dimiliki untuk dikerahkan dalammencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya (induktif, deduktif, . campuran). Gambar-gambar berikut disertakan untuk memperjelas wawasan kita tentang bagaimana melaksanakan strategi tertentu disesuaikan dengan kondisi siswa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: