AGENDA KITA

RENCANA KEGIATAN ( GEMA IPS 2007 )

MGMP IPS PADA BULAN JUNI 2007

  1. LATAR BELAKANG

     Salah satu tantangan mendasar dalam mengajarkan IPS dewasa ini adalah cepat berubahnya lingkungan sosial budaya sebagai bahan kajian dari IPS itu sendiri. Perubahan-perubahan yang terjadi dalam lingkungan sosial budaya bersifat multidimensional dan berskala dunia, baik yang berhubungan dengan masuknya arus globalisasi maupun dengan masuknya era abad ke-21. Masalah ini semakin serius bila dihadapkan pada kenyataan bahwa selama ini mata pelajaran IPS kurang mendapatkan perhatian yang semestinya. Padahal sebenarnya dengan memahami IPS membimbing siswa menghadapi kenyataan yang ada di lingkungan sosialnya, dan siswa dapat menghadapi masalah-masalah sosial yang terjadi dengan lebih arif dan bijaksana.      Untuk menghadapi tantangan perubahan ini sesungguhnya gurulah yang harus dapat menjadi pemandu siswa membuka cakrawala pengetahuan sosialnya. Oleh karena itu guru saat ini dituntut untuk lebih professional, guru tidak lagi hanya berfungsi sebagai penyampai informasi tetapi guru harus bisa menjadi pembimbing siswa dalam mengembangkan pengetahuannya dan mendapatkan pembelajaran yang menyenangkan, bermakna, dan bermutu. Guru dituntut untuk setiap saat meningkatkan kompetensinya baik melalui berbagai bahan bacaan, seminar, maupun penelitian yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelasnya, yang pada gilirannya juga akan meningkatkan pengetahuan dan kreativitas anak didiknya.      Salah satu wadah yang diharapkan mampu menumbuhkembangkan profesionalitas dan kompetensi guru ini adalah melalui MGMP. MGMP dengan berbagai program kegiatannya diharapkan dapat merealisasikan program-program bagi peningkatan mutu pendidikan dan tenaga pendidikannya. MGMP IPS Kota Cimahi merupakan kelompok kerja guru-guru mata pelajaran IPS yang dibentuk untuk mengembangkan kompetensi dan profesionalitas guru-guru sesuai dengan tuntutan dunia pendidikan yang sangat berkembang pesat, untuk itu dituntut kreativitas dari para guru yang tergabung di dalamnya, sehingga dapat menumbuhkan guru-guru yang mampu mengembangkan dirinya serta bersama-sama bertanggungjawab atas profesinya dan kemajuan pendidikan di Kota Cimahi pada umumnya.     Atas dasar pemikiran inilah guru-guru IPS Kota Cimahi yang tergabung dalam MGMP IPS Kota CImahi memandang penting mengadakan sebuah seminar untuk guru-guru IPS se-Kota Cimahi mengenai Penelitian TIndakan Kelas (PTK) untuk meningkatkan profesionalitas guru dan kualitas proses pembelajaran, dan lomba kreativitas bagi siswa untuk mengembangkan cara berpikir dan kemampuan pengetahuan sosialnya, yang terangkum dalam kegiatan Gema Pengetahuan Sosial Cimahi 2007. 

  1. TUJUAN

Secara umum kegiatan bertujuan Gema Pengetahuan Sosial Cimahi 2007 ini untuk :“Meningkatkan profesionalitas guru IPS dan mutu pembelajaran IPS sesuai dengan tuntutan dunia pendidikan nasional” Secara khusus kegiatan Gema Pengetahuan Sosial Cimahi 2007 ini  bertujuan untuk :

  1. Merangsang minat guru untuk melakukan penelitian tindakan kelas sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.
  2. Mendorong para guru dan siswa untuk mau mempelajari IPS lebih intensif serta mau mempelajari perkembangan sosial yang terjadi di sekitarnya.
  3. Mendorong guru dan siswa untuk aktif mengembangkan keterampilan sosial serta melakukan analisis pengalaman dalam membuat kesimpulan.
  4. Merangsang serta meningkatkan apresiasi dan minat belajar para siswa terhadap mata pelajaran IPS melalui kegiatan yang menyenangkan.
  5. Mengembangkan kreativitas dan memberdayakan potensi siswa sesuai dengan minat dan bakatnya.

  1. SASARAN

Sasaran kegiatan Gema Pengetahuan Sosial Cimahi 2007 ini, adalah:

  1. Guru-guru IPS Tingkat SMP Se-Kota Cimahi.
  2. Siswa/Siswi SMP Se-Kota Cimahi.

  1. HASIL YANG DIHARAPKAN

Melalui kegiatan Gema Pengetahuan Sosial Cimahi 2007 ini diharapkan hal-hal sebagai berikut:

  1. Meningkatnya profesionalisme guru IPS.
  2. Meningkatnya minat guru IPS untuk melakukan Penelitian TIndakan Kelas.
  3. Meningkatnya kualitas pembelajaran IPS di Kota Cimahi.
  4. Meningkatnya minat belajar IPS siswa.
  5. Tumbuhnya kreativitas dan potensi siswa dalam bidang IPS.
  6. Tumbuhnya kepedulian sosial siswa terhadap lingkungan sekitarnya.

  1. MANFAAT
  1. Bagi Guru, terbuka peluang untuk meningkatkan kompetensinya sesuai dengan standar nasional pendidikan melalui berbagai inovasinya dalam pembelajaran.
  2. Bagi siswa, terbuka peluang untuk mengembangkan kreativitasnya dalam bidang IPS dan mengikuti pembelajaran IPS yang menyenangkan, bermakna bagi hidupnya, dan bermutu.
  3. Bagi Sekolah, terbuka kesempatan untuk memiliki guru-guru yang kompeten, kreatif, professional dan mampu meningkatkan mutu pendidikan IPS di sekolah.
  4. Bagi MGMP, dengan kegiatan ini terbuka peluang untuk memberdayakan guru-guru yang tergabung dalam MGMP IPS Kota Cimahi.

F. JENIS PROGRAM DAN KEGIATAN         

Program yang akan dilaksanakan oleh MGMP IPS Kota Cimahi adalah Gema Pengetahuan Sosial Cimahi 2007. Adapun kegiatan di dalamnya adalah:

1.     Seminar “Penelitian Tindakan Kelas”, yang diperuntukkan bagi guru-guru IPS Se-    

    Kota Cimahi.

2.     Lomba Kreativitas Siswa Bidang Pengetahuan Sosial, yang diperuntukkan bagi  

    siswa/siswi SMP Se-Kota Cimahi. Lomba ini terdiri dari 3 bidang lomba, yaitu:

        a)     Lomba Cerdas Cermat Bidang Pengetahuan Sosial Tingkat SMP Se-Kota Cimahi.

        b)     Lomba Karya Tulis Ilmiah Bidang Pengetahuan Sosial Tingkat SMP Se-Kota   

            Cimahi.

        c)      Lomba Presentasi Portofolio Bidang Pengetahuan Sosial Tingkat SMP Se-Kota 

            Cimahi. 

MGMPIPSCIMAHIMGMPIPSCIMAHIMGMPIPSCIMAHIMGMPIPSCIMAHIMGMPIPSCIMAHI  Terima Kasih Atas Perhatiannya

Iklan

2 Tanggapan

  1. salam kenal i guru ekop bojonegoro dah malang melintang ngurusi mgmp ekop sekarang mau digabung jadi mgmp ips agar efektif ada saran ?

  2. Assalamualaikum…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: